Pilihan Menu Catering Rumah Sakit yang Sehat dan Bergizi

Pilihan Menu Catering Rumah Sakit yang Sehat dan Bergizi

Catering Rumah Sakit

Makanan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan metabolisme. Namun pemilihan makanan yang kurang sehat atau kurang tepat justru bisa mengakibatkan tubuh manusia menjadi sakit. Makanan yang enak belum tentu merupakan makanan yang sehat begitu juga sebaliknya. Karena makanan akan memberikan efek pada kesehatan maka pemilihannya sangat diperlukan. Makanan sehat contohnya adalah makanan yang diberikan oleh rumah sakit pada pasiennya. Jenis makanan untuk pasien satu dan lainnya bisa saja berbeda tergantung dari kondisi si pasien tersebut. Bisa jadi pasien satu mendapatkan lauk daging kambing atau hati ayam sedangkan pasien satunya hanya mendapatkan bubur sumsum saja untuk menu makan siangnya. Menu catering rumah sakitÂyang diberikan pada Anda ketika sakit bisa menjadi referensi untuk menu makanan di rumah ketika sudah melewati perawatan inap.

Ketika mengalami perawatan inap di rumah sakit, maka dokter dan tenaga medis lainnya akan mengobservasi kondisi Anda secara menyeluruh untuk bisa memberikan rujukan menu makanan pada pihak catering. Misalnya tekanan darah Anda akan menentukan apakah Anda harus diet garam ataukah tidak. Kadar kolesterol atau asam urat juga mempengaruhi lauk dan sayuran yang boleh diberikan untuk menu masakan sehari-hari ketika di rawat di sana.

Baca Juga : Pilihan Catering Online Jakarta Dengan Aneka Menu Spesial

Menu yang diberikan oleh rumah sakit tersebut bisa Anda jadikan panutan untuk menu makanan di rumah. Tentu saja hal ini dilakukan dengan kontrol terlebih dahulu mengenai kondisi Anda setelah dinyatakan boleh pulang atau rawat jalan. Setidaknya mencontoh menu rumah sakit bisa memberikan gambaran sebuah menu lengkap dan menyehatkan terutama untuk orang dengan kondisi kesehatan yang kurang prima.

Bagi Anda yang ingin menyediakan menu makanan khas rumah sakit yang sehat pada anggota keluarga, berikut ini adalah beberapa menu yang disediakan oleh jasa catering dan kelebihannya untuk tubuh manusia.

Menu Catering Rumah Sakit yang Dapat anda Coba :

  • Nasi omelet telur.

Omelet telur atau telur dadar bisa menjadi lauk yang menyehatkan tubuh terutama untuk anak-anak. Namun tentu saja tak boleh diberikan secara tunggal karena belum memiliki sayur dan sumber vitamin. Berikan nasi omelet dengan sayur ca brokoli atau sawi dan buah jeruk untuk menu makanan lengkap.

  • Pasta.

Meski tampak sebagai makanan junk food namun pasta sebenarnya adalah makanan yang sehat. Pasta mengandung protein dan karbohidrat sedang yang pas untuk kebutuhan manusia terutama untuk menu makanan siang hari. Berikan pasta dengan roti, serta salad sebagai menu siang hari.

  • Ca brokoli.

Tak perlu diragukan bahwa brokoli menyimpan banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Ca brokoli bisa disajikan dengan lauk apapun misalnya daging sapi atau fillet kakap untuk kelengkapan sayurnya. Brokoli merupakan menu andalan catering rumah sakitÂuntuk setiap pasiennya.

  • Kentang.

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk pasien gula. Kentang dalam menu rumah sakit bisa hadir dalam bentuk perkedel kentang, mashed potatoes, hingga kentang goreng sebagai cemilan.

  • Sup.

Aneka sup bukan hanya untuk menghangatkan badan namun juga untuk sumber mineral bagi mereka yang tak menyukai makan isian sup dalam bentuk tunggal. Misalnya sup jamur, sup ayam, hingga sup isi aneka sayuran. Dengan meminum kuah supnya saja Anda sudah akan mendapatkan vitamin dan mineral penting yang terlarut di dalamnya.

Selain menu makanan, menu minuman sehat juga bisa Anda tiru untuk minuman sehari-hari di rumah dalam merawat pasien rawat jalan. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman sehat yang umumnya disediakan di rumah sakit:

Baca Juga : ini dia Beberapa Menu Catering di Bogor yang Banyak Disukai

  • Air kacang hijau.

Air kacang hijau jelas mengandung mineral penting dari kacang hijau.

  • Susu.

Susu diberikan di malam hari untuk membantu pasien tidur dengan tenang. Pilihan susu yang diberikan adalah susu sapi untuk pasien non darah tinggi dan susu kedelai untuk pasien darah tinggi.

  • Air buah.

Air buah di sini bukanlah jus dengan tambahan gula. Air buah adalah air perasan buah yang diencerkan sehingga rasanya tak terlalu menusuk. Dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat buah tanpa menambah kadar gula darah Anda.

  • Air putih.

Air putih juga merupakan minuman yang menyehatkan. Jika pasien sudah mendapatkan obat dalam jumlah yang banyak, mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga sangat dianjurkan untuk membantu kerja ginjal.

Itulah beberapa menu catering rumah sakitÂyang bisa Anda terapkan di rumah. Pilihan menu katering tersebut sebenarnya sederhana namun bermanfaat untuk memberikan vitamin dan mineral penting untuk membantu mempercepat penyembuhan. Terapkan menu-menu sehat setiap harinya dengan jadwal makan yang teratur. untuk pemberian buah sebaiknya juga memperhatikan kondisi lambung terlebih dahulu sehingga tidak memilih buah yang menyebabkan iritasi lambung atau memperparah kondisi lambung. Selain makanan yang sehat, istirahat yang cukup juga menjadi faktor penting untuk mempercepat penyembuhan.

    Related post